SUSE

erkembangan dari SUSE 9.3 ke OpenSUSE 10.0 dan SUSE Linux 10 adalah solid. Sistemnya tidak mengecewakan, tapi tidak juga membuat kejutan. Hal - hal baru pun tidak ada, semua sama seperti SUSE 9.3. Yang ada hanya aktualisasi dan tampilan baru dari SUSE LinuX.. Integrasi AppArmor dan iFolder lah yang menarik dan menunjukan arah sesunggunnya Novell Enterprise-Desktop dan -Server. Disini kita boleh menaruh harapan untuk teknologi barunya.

Konfigurasi SUSE sangatlah mudah. Bahkan untuk seorang pemula pun bukan menjadi masalah, yang penting ada kemauan untuk belajar. Karena ada beberapa hal yang harus dipelajari dan beberapa program yang harus di-install belakangan. Misalnya tidak adanya Superkaramba dalam SUSE Linux 10. Tapi kita bisa memanfaatkan sumber luar seperti Projekt superSUSE dan mesin pencari seperti RpmSeek.

Yang masih menjadi masalah saat ini adalah hubungan antar multimedia.. Tidak DVD ataupun Windows-Codecs bisa berfungsi dengan baik. Integrasi MP3 selalu tidak sempurna, tapi merupakan langkah yang benar menuju arah yang benar. yang jelas untuk seorang pemula, masalah installasi SUSE Linux 10 dengan segala ketidaklengkapan programnya masih dapat diatasi.

SUSE Linux 10 akan tetap mejadi jalan alternatif bagi seorang pemula. Sistemnya terkonfigurasi dengan baik sekali sehingga migrasi dari Windows akan menjadi lebih mudah. Dalam SUSE 10 ini juga tidak ketinggalan KDE-Help-Center yang akan sangat membantu kita untuk mepelajari Linux.. Linux adalah open source yang memungkinkan semua manusia mencoba dengan gratis.

Tidak ada gading yang tidak retak, demikian pula dengan versi terbaru SUSE ini. Di https://bugzilla.novell.com/ kita dapat melihat kekurangan atau kesalahan yang telah ditemukan dan memberitahukan kesalahan atau kekurangan yang kita temui. Selamat meng-uninstall Windows dan memakai LinuX!
sumber:http://www.google.com :http://www.linux.or.id

0 komentar:

Posting Komentar